14 Januari 2013

Kematian?

Kematian ?
Hemm siapa orang yang dengan berani bilang
Siap kalau mendengar kata itu ?
Rasanya aku yakin kalau semua orang
Akan mengatakan jika ia tak ingin mati dulu
Sebelum mimpinya tercapai dan semua amal ibadahnya tercukupi.
Heyy tapi siapa yang akan tau kalau ibadah kita selama ini sudah tercukupi atau belum
Kita juga pasti tak akan pernah tahu kapan sang kematian itu datang
Siap atau tidak siap semua pasti akan dirasakan.
Siap atau tidak siap kita pasti akan kehilangan semua orang yang kita sayang.
Cepat ataupun lambat.
Kalau memang saatnya, aku punya banyak bayangan.
Saat jiwa ini telah meninggalkan raganya,
Saat pemakaman dilaksanakan,
Siapa sajakah yang hadir disana ?
Ayah, ibu, kekasih, saudara, teman atau orang tak dikenal ?
Apa saja yang mereka rintihkan ?
Apa saja yang mereka ucapkan tentang aku ?
Apakah ucapan yang ingin aku dengarkan ada ?
Terbayang juga ketika mereka semua meninggalkan aku
Setelah pemakaman selesai dilaksanakan.
Tinggallah aku seorang diri dalam tempat yang gelap dan sempit.
Menjumpai kesaksian diri
Tentang apa saja yang telah aku perbuat selama ini
Dan sebenarnya masih bisa aku perbaiki.

Tidak ada yang tau saat maut menjemput.
Semua orang ingin panjang umur.
Padahal sebenarnya permohonan untuk panjang umur tak perlu di panjatkan
Mungkin lebih baik bila berdoa agar hidup ini membawa berkah
Dan selamat di dunia dan akhirat.
Apa nikmatnya panjang umur bila hidup sengsara sampai tua
Terlunta-lunta dan sakit-sakitan ?
Bukankah hidup lebih baik singkat
Tetapi bermanfaat bagi banyak orang ?


:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar